PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA MATA PELAJARAN BTA DI MI WATHONIYAH 5 ULU PALEMBANG

AISYAH, SITI (2014) PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA MATA PELAJARAN BTA DI MI WATHONIYAH 5 ULU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Siti Aisyah-converted.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang terdiri atas lima bab. Penelitian ini dilatar belakangi kerena masih banyak siswa MI Wathoniyah yang masih belum bisa membaca serta menghafal surah-surah pendek dengan benar. Oleh sebab itu, diperlukannya metode untuk membantu siswa dalam menghafal surahsurah pendek. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana kemampuan siswa dalam menghafal surah-surah pendek sebelum menggunakan metode takrir pada mata pelajaran BTA di kelas IV A MI Wathoniyah 5 Ulu Palembang, Bagaimana kemampuan siswa dalam menghafal surah-surah pendek setelah menggunakan metode takrir pada mata pelajaran BTA di kelas IV A MI Wathoniyah 5 Ulu Palembang, Apakah ada pengaruh pada kemampuan menghafal siswa setelah menggunakan metode takrir pada mata pelajaran BTA di kelas IV A MI Wathoniyah 5 Ulu Palembang. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: Tes, digunakan untuk mengumpulkan data yang di berikan kepada siswa baik sebelum adanya penerapan metode maupun setelah diterapkannya metode (Pre test dan Post test) untuk mengertahui secara langsung kemampuan siswa dalam menghafal surah-surah pendek. Observasi digunakan penulis untuk mengadakan pengamatan secara langsung ke tempat lokasi, dan cara belajarnya. Dokumentasi digunakan penulis untuk menghimpun data tentang keadaan sarana dan prasarana, keadaan guru, administrasi,dan keadaan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menghafal surah-surah pendek pada mata pelajaran BTA di kelas IV A MI Wathoniyah 5 Ulu Palembang setelah di terapkan metode Takrir tergolong tinggi. Dilihat dari hasil tes kemampuan menghafal yang tergolong tinggi sebanyak 14 orang (48 %), tergolong sedang sebanyak 9 orang (31%), dan yang tergolong rendah sebanyak 6 orang (21%). Dengan demikian, penerapan metode Takrir terhadap kemampuan menghafal siswa berada pada kategori “Tinggi” yakni sebanyak 14 orang (48 %) dari 29 orang siswa. Penerapan metode Takrir mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menghafal surah-surah pendek pada mata pelajaran BTA karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada adalah jauh lebih besar dari “t” tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,05 < 31,41> 2,76), hal ini juga dapat dilihat dari sudah semakin banyaknya jumlah siswa yang mendapatkan nilai tinggi maupun spektakuler. Dengan demikian dapat dipahami bahwa penerapan metode Takrir pada mata pelajaran BTA di MI Wathoniyah 5 Ulu Palembang akan mempengaruhi hasil yang mereka peroleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:47
Last Modified: 27 Sep 2021 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12900

Actions (login required)

View Item View Item