UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI GERAKAN SHOLAT FARDHU MELALUI PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BETUNG KEC. BETUNG KAB. BANYUASIN“

ASMAWATI, ASMAWATI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI GERAKAN SHOLAT FARDHU MELALUI PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BETUNG KEC. BETUNG KAB. BANYUASIN“. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I ASMAWATI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ASMA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III asma.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Nasma.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

PTK berjudul; Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI pada Materi Melakukan Sholat Fardhu Melalui Penerapan Model Picture And Picture di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 14 Betung Kec. Betung Kab. Banyuasin. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi melakukan sholat fardhu pada siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 14 Betung Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin dengan menerapkan model Picture And Picture dan apakah penerapan model Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada materi melakukan sholat fardhu siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 14 Betung Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin? Dalam pelaksanaanya di lakukan sebanyak tiga siklus yang di dahului dengan pra tindakan, setiap siklus berisi tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Data-data yang diperlukan diperoleh antara lain melalui observasi pengolahan model Picture And Picture, observasi aktivitas siswa dan guru serta tes perbuatan dan menggunakan analisis aktifitas guru dan siswa kemudian di gambarkan sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penggunaan model Picture and Picture di SD Negeri 14 Betung maka penulis menyimpulkan bahwa hasil penerapan model Picture And Picture pada materi Melakukan sholat fardhu pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 14 Betung dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini bisa dilihat dari. Pada pra siklus nilai 30-40 terdapat 6 anak, nilai 50-60 terdapat 17 anak sedangkan nilai 70-80 ada 2 anak sementara 90-100 belum ada. Pada siklus I naik menjadi 13 anak untuk nilai 50-60, sementara nilai 70-80 ada 12 anak sedangkan pada siklus II nilai anak naik secara signifikan dimana nilai anak 70-80 ada 19 anak dan nilai anak 50- 60 ada 6 anak, Peningkatan dilihat dari nilai rata-rata. Berdasarkan tabel penelitian dari pelaksanaan dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 52.4, hasil perbaikan siklus I menjadi 66.4 dan pada siklus II menjadi 71.2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:48
Last Modified: 27 Sep 2021 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item View Item