PENERAPAN MEDIA MACROMEDIA FLAH 8 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS VII MTs AISYIYAH PALEMBANG

ESITA, ESITA (2013) PENERAPAN MEDIA MACROMEDIA FLAH 8 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS VII MTs AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ESITA (13210084).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pelaksanaan pembelajaran seorang guru harus pandai memilih metode, model, media dan strategi pembalajaran yang tepat dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa dapat memahami, mencerna dan mengingat materi yang disampaikan guru serta menarik minat mereka agar lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu memilih media yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut. sebab minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar yang kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah. Melihat fenomena yang terjadi di MTs Aisyiyah Palembang, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang seadanya saja, sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana minat belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam?, kedua, apakah ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian One-Gruop Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 68 siswa. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil 1 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas VII A yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tekhnik analisis statistik mengggunakan rumusan uji-t. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa kelas VIIa sebelum diterapkan media Macromedia Flash 8 yang tergolong tinggi dengan persentase 7,69%, tergolong sedang dengan persentase 23, 07% dan yang tergolong rendah dengan persentase 69,23%. Sedangkan minat belajar siswa kelas VIIa setelah di terapkan media Macromedia Flash 8 yang tergolong tinggi dengan persentase 38,4%, tergolong sedang dengan persentase 61,23% dan tergolong rendah dengan persentase 0%, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan minat belajar siswa yang diajarkan sebelum dan sesudah diterapkan Macromedia Flash 8. Dapat dilihat dari hasil uji “th” yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (t0= 3,79) sedangkan besarnya “tt” yang tercantum pada tabel (tt t.s 5%= 2.06 dan tt t.s= 1% 1.79). maka Hipotesis nol (H0) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan miant belajar siswa pda mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Aiyiyah Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:58
Last Modified: 27 Sep 2021 08:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item