PERSPEKTIF MASYARAKAT TENTANG PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK/TP AL-QUR’AN MASJID UBUDIYAH PERUMAHAN SUKAJADI INDAH KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

NURHAYATI, NURHAYATI (2012) PERSPEKTIF MASYARAKAT TENTANG PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK/TP AL-QUR’AN MASJID UBUDIYAH PERUMAHAN SUKAJADI INDAH KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi nurhayati nim 0721084.doc

Download (466kB)

Abstract

Perspektif masyarakat tentang proses penanaman nilai-nilai agama yang dilakukan oleh para ustadz dan ustadzah di lembaga TK/TP Al-Qur’an Masjid Ubdiyah. Merupakan titik tolak pengukuran apakah penanaman nilai-nilai agama yang selama ini dilakukan telah berhasil dan menjadi suatu kegemaran para santri dan dilakukan disetiap kegiatan sehari-hari mereka?. Keberadaan TK/TP Al-Qur’an dalam proses pendidikan agama yang ada selama ini dilembaga pendidikan formal, ternyata masih banyak menemukan berbagai kesulitan bagi tenaga pengajar dalam mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan agama yang telah diajarkan kepada santri, baik di dalam kelas maupun di lingkungan masyarakat. Menanamkan nilai-nilai agama kepada santri bukan hal yang mudah apa lagi usia anak yang masih ingin bermain hal ini tentu menjadi pekerjaan yang harus diperhatikan oleh para ustadz dan ustadzah. Pada dasarnya proses penanaman nilai-nilai agama pada anak bukanlah dinilai dari sisi kognitif semata, namun lebih pada sisi pelaksanaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian yang penulis lakukan adalah mencermati bagaimana perspektif masyarakat terhadap proses penanaman nilai-nilai agama bagi anak usia 3-12 tahun di TK/TP Al-Quran masjid Ubudiyah perum. Sukajadi Indah Kec. Talang Kelapa Kab Banyuasin dan bagaimana proses penanaman nilai-nilai agama di TK/TPA tersebut. Penelitian ini merupakan Field Research dengan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat perum. Sukajadi Indah yang berjumlah 288 orang dan ustadz dan ustadzah 5 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berjumlah 58 orang dan 5 orang ustadzah, Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview kepada masyarakat perumahan Sukajadi Indah untuk mengetahui perspektif mereka terhadap lembaga TK/TPA serta kepada ustadz dan ustadzah untuk mengetahui proses penanaman yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui perspektif masyarakat terhadap proses penanaman nila-nilai agama di TK/TP Al-Qur’an Masjid Ubudiyah perum. Sukajadi Indah Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin dapat dikatakan baik. Karena ustadz dan ustadzah menanamkan nilai-nilai agama dengan cara membiasakan diri santri untuk selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan atau pekerjaan. Selain itu memberikan teladan kepada santri-santri dan memberikan nasehat bila mereka melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:10
Last Modified: 28 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item