PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TIPE AMBAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII.1 MTs NURUL FALAH PALEMBANG

HUSNUL KHOTIMA, NURUL (2013) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TIPE AMBAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII.1 MTs NURUL FALAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
NURUL HUSNUL KHOTIMA-13210201.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Penerapan model Quantum Teaching tipe AMBAK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII.1 MTs Nurul Falah Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT di MTs Nurul Falah Palembang, masih menggunakan metode yang berpusat pada guru sehingga siswa masih banyak yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa cenderung tidak begitu tertarik dengan pelajaran Aqidah Akhlak, karena selama ini pelajaran Aqidah Akhlak dianggap mereka sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hafalan semata, kurang menekankan pada aspek psikomorik atau praktik, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa yang menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK dan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Falah Palembang, dan apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK dan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Falah Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK dan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Falah Palembang, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK dan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Falah Palembang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang berbentuk eksperimen. Adapun desain penelitian dalam penelitian ini yaitu bentuk true experimental design dengan tipe Post-Test Only Control Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas VII di MTs Nurul Falah Palembang yang terdiri dari kelas VII.1, VII.2 dan VII.3 yang berjumlah 104 siswa. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan Teknik Simple Random Sampling, yang terdiri dari kelompok eksperimen (VII.1) dan kelompok kontrol (VII.2). Adapun teknik analisis yang digunakan dalam analisis data yang digunakan adalah uji “t. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menerapkan model Quantum teaching tipe AMBAK terhadap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII.1 MTs Nurul Falah Palembang.Karena berdasarkan perbandingan nilai “t” pada soal post-test thitung adalah jauh lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% atau 2,00 < 5,23 > 2,65. Hal ini juga dapat dilihat dari lebih tingginya nilai yang diperoleh oleh siswa kelas eksperimen yang diterapkan model Quantum Teaching tipe AMBAK daripada kelas kontrol yang hanya diterapkan metode ceramah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:10
Last Modified: 28 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item View Item