PENGARUH METODE BERVARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SDN. 33 BANYUASIN I

HERLINA, HERLINA (2013) PENGARUH METODE BERVARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SDN. 33 BANYUASIN I. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
HERLINA 0820013.doc

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini pembelajaran terus mengalami perkembangan dimana pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu upaya untuk membantu peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang dalam pendidikan. Dalam hal ini guru dengan sadar berusaha untuk mengatur lingkungan belajar agar anak didik tetap bersemangat dalam menerima pelajaran dengan seperangkat teori dan pengalaman yang guru punyai, yang mana untuk bagaimana mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis. Seorang guru yang memperhatikan situasi, kondisi toleransi, pandangan dan jangkauan peserta didik ialah mendorong atau menimbulkan variasi dalam mengajar. Yang mana salah satunya adalah dengan mengkombinasi atau memvariasi metode pengajaran sehingga dalam proses mengajar guru tidak terpaku dalam satu metode saja dan ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar. Adapun permasalahan dalam skripsi ini, yaitu bagaimana metode bervariasi yang diterapkan oleh guru PAI di SDN. 33 Banyuasin I?, Bagaimana hasil belajar PAI siswa di SDN. 33 Banyuasin I. Dan bagaimana pengaruh metode bervariasi terhadap hasil belajar PAI siswa di SDN. 33 Banyuasin I? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode bervariasi yang diterapkan oleh guru PAI di SDN.33 Banyuasin I?, untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa di SDN. 33 Banyuasin I?, untuk mengetahui pengaruh metode bervariasi terhadap hasil belajar PAI siswa di SDN. 33 Banyuasin I? Jenis data dalam skripsi ini adalah kuantitatif dan kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan Obsevasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan penganalisisan data menggunakan rumus “r” product moment, kemudian untuk mendapatkan pengaruh antara Variabel X (Pengaruh Metode Bervariasi) dan Variabel Y (Hasil Belajar PAI Siswa) dengan menggunakan rumus product moment yang dapat diketahui dari hasil penelitian metode bervariasi terhadap hasil belajar PAI siswa dikategorikan pada tarap sedang. Dan terakhir terdapat pengaruh positif antara metode bervariasi terhadap hasil belajar PAI siswa, yakni pada taraf signifiknasi 5% sebesar 0,273, sedangkan pada taraf signifiknasi 1% sebesar 0,354 ternyata ro (yaitu = 1,312) jauh lebih besar dari rt, baik taraf signifiknasi 5% maupun taraf signifikasi 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:15
Last Modified: 28 Sep 2021 01:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item