UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I MI. ISLAMIYAH PLAJU

samirah, samirah (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I MI. ISLAMIYAH PLAJU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
PTK SAMIRAH.docx

Download (921kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Visual Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Mi. Islamiyah Plaju”, Adapun fokus dari penelitian ini peneliti mempunyai rumusan masalah Apakah dengan menggunakan media Visual gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas I MI. Islamiyah Plaju. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui penerapan media visual gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca pada kelas I MI. Islamiyah Plaju. Subjek penelitian tindakkan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas I MI. Islamiyah Plaju, yang berjumlah 25 orang siswa, dengan pertimbangan kelas I adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah di kelas yang penulis hadapi sendiri. Metode tindakan dari penelitian ini menggunakan PTK dengan tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakkan dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan membaca siswa dengan menerapkan media visual gambar pada siswa kelas I MI. Islamiyah Plaju meningkat dengan melihat hasil tes dan observasi yaitu peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu pada pratindakkan ketuntasan belajar hanya 3 anak atau 12%, kemudian di siklus I peningkatan ketuntasan belajar menjadi 9 anak atau 36%, kemudian pada siklus II meningkat dengan signifikan menjadi 15 anak atau 60%, dan pada siklus III ketuntasan yang dicapai 25 anak atau 100%, kemudian peningkatan nilai rata-rata, dimana kondisi awal sebelum perbaikkan nilai rata-rata 57, hasil perbaikkan siklus I menjadi 67,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,24. Sedangkan pada siklus ke III meningkat menjadi 87,04. Dan peningkatan skor total yaitu sebelum menerapkan media visual gambar skor total pada pratindakkan hanya mencapai 1425, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 1680, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 1931, sedangkan pada siklus ke III meningkat sebesar 2176. dan peningkatan ketuntasan belajar yang cukup memuaskan. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media visual gambar dikatakan berhasil disebabkan anak lebih aktif mengikuti proses pembelajaran dibandingkan sebelum menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:21
Last Modified: 28 Sep 2021 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item