PENERAPAN MEDIA BENDA TIRUAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIN TANJUNG KEMUNING KECAMATAN BELITANG II KABUPATEN OKU TIMUR

DEWI, SRI ENGGAR KENCANA (2014) PENERAPAN MEDIA BENDA TIRUAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIN TANJUNG KEMUNING KECAMATAN BELITANG II KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Bab 1 s.d Bab V & Daftar Pustaka.docx

Download (196kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di MIN Tanjung Kemuning Kec. Belitang II Kab. Oku Timur. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah tindakan (menerapkan media benda tiruan) serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media tersebut. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan sample random sampling dengan melakukan undian serta saran dari guru IPA, penulis mendapat kelas IV B sebagai kelas yang akan diteliti yang berjumlah 22. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yakni penututan pemecahan masalah berdasarkan data yang berupa angka. Untuk mendapatkan data, penulis memberikan tes. Jadi teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan uji t untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil yang penulis lakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Panca Indera (mata) mengalami peningkatan nilai mean pada pree-test dan post test, yaitu 4,2 (pree-test) meningkat menjadi 6,5 (post-test). Kedua, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Panca Indera (Mata). Dengan melihat hasil uji hipotesis yang di dapat dalam perhitungan (to = 5,90) dan besar t yang tercantum pada table t (tt.ts 5% = 2,08 dan tt.ts 1% = 2,83) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt, yaitu 2,08 < 5,90 > 2,83. Ketiga, dengan menerapkan media benda tiruan pada materi Panca Indera (mata), guru mendukung dengan penelitian yang dilaksanakan di MIN Tanjung Kemuning, berdasarkan wawancara dengan guru IPA sering menggunkan media tetapi media yang akan dipraktekkan peneliti disana belum pernah digunakan, jadi guru IPA dengan senang hati peneliti akan menerapkan media benda tiruan tersebut. kemudian siswa juga dapat dikondisikan suasana kelas juga menjadi tenang dengan melakukan penerapan media benda tiruan. Tetapi tidak semua materi dapat menerapkan media benda tiruan tersebut, karena biaya yang digunakan cukup mahal. Selain itu juga di MIN Tanjung Kemuning belum ada media benda tiruan yang berbentuk mata.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:25
Last Modified: 28 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13336

Actions (login required)

View Item View Item