hertina, ety (2013) PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE KANCING GEMERINCING DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DI SDN 22 TALANG KELAPA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I..pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Secara spesifik penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Model Pembelajaran Cooperative Learnig tipe Kancing Gemerincing dalam Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V. A yang menerapkan model pembelajaran dan V.C yang tidak menerapkan model pembelajaran di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin” studi analisis penelitian, penulis melakukan penelitian ini disebabkan karena keingin tahuan penulis bagaimana cara guru dalam menigkatkan aktivitas belajar seperi memusatkan perhatian selama proses pembelajaran serta hasil belajar PAI melalui penerapan dan pemanfaatan pemanfaatan model pembelajaran cooperative learnig tipe kancing gemerincing dalam peningkatan aktivitas Belajar dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V. A yang menerapkan model pembelajaran dan V.C yang tidak menerapkan model pembelajaran di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin. Penulis mencoba mendeskripsikan permasalahan tersebut sebagai berikut: bagaimana hasil belajar PAI yang tidak menerapkan model pembelajaran dan yang menerapkan model pembelajaran cooperative learnig tipe kancing gemerincing, dan bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learnig tipe kancing gemerincing. Eksistensi pembahasan ini adalah hasil dari penelitian di Kelas V.A dan V.C di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin, penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data penulis peroleh dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan pembahasan yang dibagi menjadi dua macam, yaitu: data primer adalah data yang diperoleh dari siswa kelas V. A dan V.C di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, serta literaturliteratur yang berkaitan dengan penelitian. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama aktivitas belajar siswa kelas V.A pada mata pelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing mengalami peningkatan baik secara individual maupun kelompok. Sedangkan kelas V.C yang tidak diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing masih banyak siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran. Kedua hasil belajar PAI tidak diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing tergolong sedang dengan nilai rata-rata 53, 95 dan 55,9 dan rincian frekuensi hasil belajar siswa keseluruhan sebagai berikut: 4 orang siswa atau 13% tergolong tinggi (baik), 21 orang siswa atau 70% dan 18 orang siswa 27% tergolong sedang yang tergolong randah sebanyak 5 orang siswa atau 17% dan 8 orang siswa 27%. Kedua hasil belajar PAI setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing siswa tergolong sedang 74,72 dan 72, 39 dan rincian frekuensi hasil belajar siswa sebagai berikut: 9 orang siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 02:33 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 02:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13470 |
Actions (login required)
View Item |