PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI POKOK KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PENUKAL, MUARA ENIM

FITRIANA, NILA (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI POKOK KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PENUKAL, MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV revisi.docx

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa pada materi pokok keliling dan luas bangun datar segi empat karena siswa terbebani untuk menghapal rumus-rumus matematika pada materi ini dan kesulitan dalam penerapannya. Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa juga disebabkan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematika pada materi pokok keliling dan luas bangun datar segi empat siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Penukal Muara Enim. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan kategori posttest-only control design yang melibatkan 40 siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan 41 Siswa kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini didapat nilai rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen dengan simpangan baku 8.28 dan nilai rata-rata pemahaman konsep kelas kontrol dengan simpangan baku 10,33 dan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t didapat thitung= dan ttabel =1.67, karena thitung>ttabel. Sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penerapan metode penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep Matematika pada materi pokok keliling dan luas bangun datar segi empat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penukal Muara Enim. Kata kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segi Empat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:58
Last Modified: 28 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13541

Actions (login required)

View Item View Item