PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS V SD/MI DI MI ADABIYAH 2 PALEMBANG

MUZAWIR, M. AGIL (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS V SD/MI DI MI ADABIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang desain bahan ajar tematik berbasis pendekatan keterampilan proses pada tema 7, subtema 3 kelas V SD/MI, (2) menguji bahan ajar tematik berbasis pendekatan keterampilan proses pada tema 7, subtema 3 kelas V SD/MI yang valid, dan (3) menguji bahan ajar tematik berbasis pendekatan keterampilan proses pada tema 7, subtema 3 kelas V SD/MI yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Namun penelitian ini tidak sampai pada tahap field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji validitas data menggunakan angket pada tahap expert review dan one-to-one sedangkan uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar tematik berbasis pendekatan keterampilan proses dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal ini terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review dg skor 89 dan one to one dg skor 89, sehingga dengan rata-rata sebesar 89 dan dikategorikan valid, dan (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada small group berupa skor dengan rata-rata sebesar 94 sehingga dikategorikan sangat praktis. Kata-kata kunci: bahan ajar, tematik, pendekatan keterampilan proses

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar tematik pendekatan keterampilan proses
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:57
Last Modified: 28 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item