UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS 3 MI MA’ARIFUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MULYANA, MULYANA (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS 3 MI MA’ARIFUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I ayuk new.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II ayuk new.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III ayuk new.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV dan V ayuk new.docx

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division) dalam upaya meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas 3 MI Ma’ariful Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada Kelas 3 MI Ma’ariful Ulum dapat meningkatan hasil belajar PKn tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action researh) yang terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Yang dilakukan pada tanggal 28 Agustus (pra siklus), 11 September (siklus I), 25 September (siklus II). Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini melalui tes dan hasil observasi, aktivitas siswa menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai siswa. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn materi melaksanakan norma yang berlaku dimasyaraka Pada Siswa Kelas 3 MI Ma’ariful Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, pada pra siklus (sebelum perbaikan) nilai rata-rata siswa hanya 68.56 pada Siklus I menjadi 73.81 dan pada siklus II meningkat menjadi 82.11 selain itu juga dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada sebelum perbaikan hanya 19 siswa atau 70.37%, pada siklus I meningkat menjadi 21 siswa atau 77.78%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa atau 100% tuntas dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:23
Last Modified: 28 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item