KOLABORASI PERAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISPLINAN SISWA DI SD NEGERI 35 PALI

Irawan, Fitria (2020) KOLABORASI PERAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISPLINAN SISWA DI SD NEGERI 35 PALI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina kerja sama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa kelas IV, dan faktor yang menghambat upaya guru dalam membina kerja sama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa kelas IVdi SD Negeri 35 PALI. Dari penelitian ini diharapkan dapat ditemukan kebijakan yang mendukung keberhasilan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, kepala sekolah, dan tiga orang tua siswa dan siswa kelas IV Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Upaya guru dalam membina kerjasama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa kelas IV di SD Negeri 35 PALI, meliputi: mendirikan perkumpulan orang tua dan guru, melakukan sosialisasi pendidikan karakter serta melibatkan orang tua dalam perencanaan pendidikan karakter, membuat kesepakatan tentang kedisiplinan dengan orang tua dan memerangi dampak penggunaan media pada anak, membuat program untuk orang tua, menerima kritik dan saran dari orang tua, menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, menyediakan pusat bantuan keluarga, dan melakukan kunjungan ke rumah orang tua murid. Faktor yang menghambat upaya guru dalam membina kerjasama dengan orang tua adalah kurangnya kesadaran orang tua akan pendidikan dan perkembangan karakter disiplin siswa, kurangnya komunikasi antara orang tua dan guru, serta sebagian orang tua belum bisa meluangkan waktunya untuk mengahadiri pertemuan atau paguyuban. Kata kunci:Kerja Sama Guru dengan Orang Tua, Karakter Disiplin Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kerja Sama Guru dengan Orang Tua Karakter Disiplin Siswa.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:40
Last Modified: 28 Sep 2021 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item