UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUNAIKAN SHOLAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 TULUNG SELAPAN KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

NENSI, ERNA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUNAIKAN SHOLAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 TULUNG SELAPAN KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I erna.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV erna.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah adalah apakah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas III SD Negeri 3 Tulung Selapan Kec. Tulung Selapan Kab. Ogan Komering Ilir dalam mata pelajaran PAI pada materi sholat fardhu. Sementara tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menunaikan shalat fardhu pada siswa kelas III di SD Negeri 3 Tulung Selapan Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam pelaksanaannya dilakukan sebanyak dua siklus yang didahului dengan pra siklus, setiap siklus berisi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari, Maret dan April 2014. Data-data yang diperlukan diperoleh antara lain melalui observasi pengolahan model pembelajaran picture and pictur, observasi aktivitas siswa dan guru serta tes perbuatan dan menggunakan analisis aktivitas guru dan siswa kemudian digambarkan sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Selanjutnya indikator penelitian ini adalah bahwa jumlah siswa yang lulus KKM (70) di kelas IIII lebih dari 85%. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas III SD Negeri 3 Tulung Selapan Kec. Tulung Selapan Kab. Ogan Komering Ilir dalam mata pelajaran PAI pada materi sholat fardhu. Hal ini dapat di lihat dari : Hasil belajar siswa materi sholat pada siswa kelas III SD Negeri 3 Tulung Selapan sebelum menerapkan model pembelajaran picture and picture yaitu dilihat dari nilai rata-rata dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata siswa 54 sedangkan ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM (70) yaitu pada pra�siklus terdapat 3 anak yang tuntas Hasil belajar siswa materi sholat pada siswa kelas III SD Negeri 3 Tulung Selapan sesudah diterapkan model pembelajaran picture and picture yiatu peningkatan dilihat dari nilai rata-rata dimana hasil perbaikan siklus I menjadi 68.4 dan pada siklus II menjadi 82. Jadi berdasarkan data tersebut maka dapat di katakan bahwa target tuntas belajar anak sudah mencapai nilai maksimal. karena keterbatasan waktu dalam penelitian, maka di tetapkan siklus II merupakan siklus terahir kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 2 sebagai siklus terahir dalam tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan yaitu pada siklus 1 naik lagi menjadi 14 anak yang tuntas kemudian pada siklus ke 2 anak yang tuntas sudah mencapai 25 anak atau 100% tuntas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:31
Last Modified: 28 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13828

Actions (login required)

View Item View Item