PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU ISLAMI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

RIKA, RIKA (2013) PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU ISLAMI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan pendidik yang utama disekolah. Dikatakan pendidik utama karena dilingkungan sekolah guru merupakan seseorang yang menjadi panutan atau teladan bagi siswa, semua gerak-gerik yang dilakukan guru dilihat oleh siswa dan bahkan dapat secara langsung ditiru siswa, baik dari segi berpakaian, perkataan, serta perbuatan. Dengan demikian, sangatlah penting bagi seorang guru agar selalu menampilkan atau memberikan keteladanan kepada siswa, guna terbentuknya tingkah laku Islami siswa, untuk itu perlu diadakan suatu penelitian. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode keteladanan guru dalam membentuk tingkah laku Islami siswa di MI Hijriyah II Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode keteladanan guru di MI Hijriyah II Palembang, untuk mengetahui tingkah laku siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode keteladanan dalam membentuk tingkah laku Islami siswa di MI Hijriyah II Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (a,b,c,d) yang berjumlah 174 dan dirandom sampling sebanyak 23% dari masing-masing kelas, jadi sample dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hal ini guna mendapatkan data tentang penerapan metode keteladanan guru serta tingkah laku siswa, dan data tentang faktor penghubung dan penghambat dalam menerapkan metode keteladanan dalam membentuk tingkah laku Islami siswa serta keadaan guru dan siswa di MI Hijriyah II Palembang. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif, kemudian data disajikan dalam bentuk tabulasi atau tabel-tabel dengan menggunakan rumus persentase. Setelah dilakukan perhitungan dan analisa data dengan analisis persentase p. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di MI Hijriyah II Palembang selalu menerapkan metode keteladanan dengan baik, dengan persentase 87,5% siswa menyatakan bahwa guru selalu memberikan keteladanan yang baik kepada siswa. Adapun tingkah laku siswa di MI Hijriyah II Palembang dikategorikan A (Amat Baik) dan bisa dikatakan sudah memiliki tingkah laku yang Islami, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode keteladanan yang meliputi: orang tua, guru serta lingkungan. Misalnya, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat atau teman sepermainan. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa antara keteladanan yang diterapkan oleh guru di Madarasah Ibtidaiyah mempunyai dampak yang sangat besar dalam membentuk tingkah laku Islami siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:34
Last Modified: 28 Sep 2021 06:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13883

Actions (login required)

View Item View Item