PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP NEGERI 22 PALEMBANG

FEBRINA, IKE (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP NEGERI 22 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi Bab 1-5.docx

Download (967kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 22 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu belajar dan motivasi siswa dalam belajar matematika. Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan selama lima kali pertemuan. Pertemuan pertama diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Creative Problem Solving, pertemuan kedua, ketiga dan keempat diberikan perlakuan, kemudian pertemuan kelima diukur dengan post test untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil test siswa. Analisis hasil test siswa dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini tergambar dari perbedaan nilai rata-rata Pretest dan Posttest pada saat penelitian berlangsung, rata-rata hasil pretest = sedangkan rata-rata posttest = , dan dari hasil uji statistik diperoleh nilai . Sehingga dapat diketahui bahwa model pembelajan Creative Problem Solving dengan menggunakan alat peraga terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 22 Palembang. Kata kunci: Pembelajaran Creative Problem Solving, alat peraga, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:40
Last Modified: 28 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item