STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK MAHMUDAH SISWA MA NURUSSA’ADAH ARISAN MUSI KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM

JUPRIADI, JUPRIADI (2013) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK MAHMUDAH SISWA MA NURUSSA’ADAH ARISAN MUSI KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I Jupriadi.doc

Download (125kB)
[img] Text
BAB II Jupriadi.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III Jupriadi.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Mahmudah Siswa MA Nurussa’adah Arisan Musi Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim. Skripsi. Palembang: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di desa Arisan Musi terdapat empat lembaga pendidikan, tiga diantaranya adalah Madrasah. Akan tetapi waulaupun demikian, dilihat dari sisi akhlak para alumni dan siswa-siswinya, masih banyak yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu, pembinaan akhlak mahmudah siswa menjadi sangat penting. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak mahmudah siswa, apa kegiatan yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak mahmudah siswa dan kendala apa saja yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi, kegiatan dan kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak mahmudah siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan mengambil latar MA Nurussa’adah Arisan Musi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak mahmudah siswa MA Nurussa’adah Arisan Musi adalah dengan menggunakan langkah-langkah yang meliputi mengidentifikasi dan menetapkan tujuan pembinaan akhlak, menggunakan pendekatan individual, menggunakan metode yang berupa keteladanan, pembiasaan, anjuran, diskusi dan pemberian hukuman, serta menerapkan norma-norma keberhasilan yang berupa kebiasaan siswa sehari-hari di sekolah. 2) kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam sebagai upaya dalam membina akhlak mahmudah siswa MA Nurusssa’adah desa Arisan Musi adalah dengan membaca do’a bersama sebelum pelajaran pertama dimulai dan setelah pelajaran terakhir selesai, membaca surat Yasin setiap hari jum’at, melakukan kegiatan peringatan hari besar Islam, melaksanakan do’a bersama setiap menjelang dan setelah ujian semester, dan pemeriksaan tentang tata tertib. 3) kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikkan agama Islam dalam membina akhlak mahmudah siswa MA Nurussa’adah Arisan Musi adalah latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan), kurangnya sarana dan prasarana serta pengaruh dari tayangan televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:06
Last Modified: 29 Sep 2021 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item