PERANAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA PERILAKU SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ERNANI, EMA (2014) PERANAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA PERILAKU SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

Perilaku remaja saat ini cenderung mendekati perilaku yang negatif, tidak memungkiri karena semakin berkembangnya Era Globalisasi gaya hidup dan perilaku remaja saat ini, menjadi dampak yang sangat besar, yang berpengaruh terhadap aspek budaya Indonesia, seperti di kalangan remaja saat ini terjadinya peredaran narkoba, merokok, dan berpacaran dengan mesra di depan umum dan lain-lain, Peran guru sangat penting dalam pembentukan karakter dan sikap siswa, karena siswa membutuhkan contoh disamping pengetahuan tentang nilai baik-buruk, benar-salah, dan indah tidak indah. Sebagai sosok guru yang begitu dihormati lantaran memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah dan juga membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal.     Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana peranan guru Aqidah Ahklak dalam membina perilaku siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang? 2. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru Aqidah Akhlak dalam membina perilaku siswa MTs Muhammadiyah 1 Palembang?     Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Yaitu menguraikan tentang peranan guru Aqidah Akhlak dalam membina perilaku siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang, sumber data penelitian ini adalah dua macam yakni data primer dan data sekunder. Data primer adalah data pokok yang diperoleh secara langsung dari lapangan penelitian. Sedangkan data sekunder adalah data penunjang yang diperoleh dari literatur-literatur yang mengemukakan permasalahan yang dibahas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tiga metode, yakni Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara desriptif kualitatif artinya mengurai, menyajikan atau menjelaskan seluruh permasalahan secara tegas dan sejelas-jelasnya. Selanjutnya dari uraian permasalahan itu di tarik kesimpulan secara deduktif, yakni menyimpulkan pernyataan-pernyataan yang bersifat umum ke khusus, sehingga penyajian penelitian ini dapat dipahami dengan mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 1 Palembang antara lain memberikan keteladanan, menegakan kedisiplinan, melakukan ritual-ritual keagamaan di sekolah dan melakukan pembiasaan, serta memberikan nasihat. Selain hal tersebut pihak sekolah juga melakukan pembinaan perilaku siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler. Seperti program IMTAQ yang diadakan setiap minggu secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, program pembinaan muhadhoroh, mengaji. Selain hal tersebut juga dibuatkan peraturan sekolah berupa mengucapkan salam ketika bertemu, masuk dan keluar dari kelas/ kantor dan salam-salaman setiap kali datang dan pulang sekolah, hal ini dianggap sebagai wujud dari kepedulian pihak sekolah untuk mengajar dan mendidik siswa sehingga siswa mempunyai ilmu dan perilaku yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:07
Last Modified: 29 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item