PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI MTS AISYIYAH PALEMBANG

MARLISA, MARLISA (2013) PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI MTS AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
MY SKRIPSI.docx

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan prilaku belajar siswa selama proses penerapan metode problem posing pada materi sistem persamaan linier dua variabel di MTs Aisyiyah Palembang. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes awal sebelum diterapkan metode problem posing dan akhir setelah diterapkan metode tersebut. Sedangkan untuk hasil observasi itu diambil selama proses pembelajaran menggunakan metode problem posing dengan mengisi lembar observasi.Hasil penelitian pada awal pertemuan (pretes) siswa mendapatkan nilai rata-rata 46.9 dan untuk postest siswa memperoleh nilai rata-rata 83.8. Sedangkan untuk observasi diperoleh prilaku belajar siswa selama penerapan metode problem posing mengalami perubahan menuju lebih baik setiap pertemuannya. Untuk kategori perhatian siswa memperoleh persentase 51,61% tinggi dan 48,39% sangat tinggi. Dan untuk kategori keaktifan siswa memperoleh persentase 38,71% aktif dan 61,29% sangat aktif. Sedangkan tingkat kreativitas siswa memperoleh persentase 19,35% kreatif dan 80,65% sangat kreatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode problem posing dapat meningkatkan hasil belajar dan perilaku belajar siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs Aisyiyah Palembang. Kata kunci : Metode problem posing, perilaku, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:07
Last Modified: 29 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item