Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akhlak Materi Perilaku Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Siswa Kelas IV.B SDN 156 Palembang

EMYADI, EMYADI (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akhlak Materi Perilaku Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Siswa Kelas IV.B SDN 156 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI PTK.docx

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akhlak Materi Perilaku Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S Melalui Model Pembelajaran Kooperatif NHT Siswa Kelas IV.B SDN 156 Palembang”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak di SDN 156 Palembang sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran masih rendahnya kemampuan siswa, baik proses maupun produknya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional sehingga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan data dan anlisisnya melalui kajian reflektif, kolaboratif, melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas.Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan PTK dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilakukan di SDN 156 Palembang dengan 3 siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa masih belum terbiasa dengan kondisi belajar kelompok sebagian kelompok belum memahami langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT secara utuh dan menyeluruh. Untuk mengatasi masalah diatas dilakukan upaya diantaranya, guru dengan intensif memberi pengertian kepada siswa kondisi dalam berkelompok, kerja sama berkelompok, keikutsertaan siswa dalam berkelompok. Guru membantu kelompok yang belum memahami langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT Di sisi lain guru sebagai peneliti dalam PTK ini Hal ini terjadi di karenakan guru lebih banyak berdiri di depan kelas dan kurang memberikan pengarahan kepada siswa bagaimana caranya melakukan pembelajaran secara kooperatif.kooperatif tipe NHT. Dalam siklus kedua, siswa dan guru mulai implementasi pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Siklus 3 siswa dan guru sudah terbiasa dengan pembelajaran kelompok. Dari hasil observasi, dari 64%sikus 1 menjadi 75% siklus 2, dan menjadi 88% pada siklus 3. Sedangkan hasil belajar dari 71.40% pada siklus 1, menjadi 80.62% pada siklus 2, dan menjadi 86.03% siklus 3. Demikian juga aktivitas guru 54.54% pada siklus 1, menjadi 77.27% siklus 2, dan menjadi 88.63% siklus 3. Dengan pelaksanaan PTK, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku Nabi Ibrahim, a.s dan Nab Ismail, a.s IV SDN 156 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:09
Last Modified: 29 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

View Item View Item