RUAIDAH, RUAIDAH (2013) : UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI RUKUN ISLAM MATERI SHOLAT LIMA WAKTU MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS II SDN 19 TANJUNG RAJA KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1 RUAIDAH ROLE PLAYING.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II RUAIDAH .pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ruaidah.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV RRUAIDAH.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ruaidah.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Tugas guru bukan sekedar mengajar atau menyampaikan materi pelajaran di depan kelas saja, tetapi guru memiliki tugas sebagai fasilitator, motivator, inspirator, komunikator dan sebagainya. Di mana tugas-tugas tersebut tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai manusia yang berilmu pengetahuan, tetapi juga menjadikan peserta didik yang berkepribadian mulia, sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut harus didukung oleh setiap komponen pendidikan termasuk pemilihan metode yang efektif. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan apakah dengan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi mengenal Rukun Islam materi sholat lima waktu di kelas II SDN 19 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir? Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui penerapan metode Role Playing dalam meningkatan hasil belajar siswa materi mengenal Rukun Islam materi sholat lima waktu di kelas II SDN 19 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 19 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 24 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, yang di lakukan pada bulan Februari untuk Pra Siklus dan Siklus I serta bulan bulan Maret untuk Siklus II. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa metode Belajar Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 19 Tanjung Raja pada mata pelajaran PAI materi Rukun Islam. Hal ini dapat di lihat dari : capaian skor total, pada pratindakan skor total hanya mencapai 1340, kemudian siklus 1 naik menjadi 1615 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 1860, kemudian dari nilai rata-rata, pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 55.8. Dari 55.8 di pratindakan kemudian naik menjadi 67.2 di siklus 1, naik lagi menjadi 77.5 di siklus 2 dan dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar hanya 12.5%, kemudian di siklus 1 naik drastis menjadi 54.1%%, kemudian di siklus 2 naik dengan signifikan menjadi 100% dengan demikian terjadi peningkatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:16 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14121 |
Actions (login required)
View Item |