PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MI AZHARYAH PALEMBANG

Lailahana, Nuzul (2019) PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MI AZHARYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

kripsi ini berjudul: Peran Guru terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di MI Azharyah Palembang. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai peran guru akidah akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa kelas IV di MI Azharyah Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa kelas IV di MI Azharyah Palembang?, (2) Apa saja faktor penghambat guru dalam pembentukan akhlak siswa kelas IV di MI Azharyah Palembang?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa kelas IV di MI Azharyah Palembang, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat guru dalam pembentukan akhlak siswa kelas IV di MI Azharyah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil yang dapat dilihat dari penelitian ini adalah bahwa guru akidah akhlak sudah cukup berperan aktif dalam proses pembentukan akhlak siswa. Peran guru dalam pembentukan akhlak siswa antara lain: (1) guru sebagai teladan (contoh), yaitu guru selalu berusaha memberikan keteladanan yang baik kepada siswa dengan pembiasaan disiplin, berpakain rapi, dan selalu mengucapkan salam ketika akan masuk kelas. (2) Peran guru sebagai pembimbing, yaitu guru membimbing siswa untuk selalu berakhlakul karimah yaitu dengan pembiasaan mengucapkan salam,sapa, sopan dan santun dalam kehidupan sehari-hari. (3) Peran guru sebagai penasehat, yaitu guru selalu memberikan nasehat kepada siswa untuk selalu berakhlak mulia dan memberikan nasehat agar siswa mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. (4) Peran guru sebagai motivator, yaitu guru mengarahkan, mendorong, serta memelihara akhlak terpuji pada siswanya. Memberikan motivasi untuk semangat dalam menuntut ilmu dan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di sekolah seperti: kegiatan shalat berjam’ah, yasinan bersama setiap hari jum’at dan ekstrakulikuler tahfiz. Adapun faktor yang menjadi penghambat guru dalam membentuk akhlak siswa yaitu adalah faktor kepribadian siswa, terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah, latar belakang siswa dan faktor dari teman. Kata-kata kunci: Peran Guru, Pembentukan Akhlak Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:19
Last Modified: 29 Sep 2021 01:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item