PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 05 RANTAU PANJANG OGAN ILIR

LESTARI, DESTI AYU (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 05 RANTAU PANJANG OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I pdm.doc

Download (117kB)
[img] Text
BAB II pdm.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB II pdm.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB III pdm.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV Pdm.doc

Download (105kB)

Abstract

Remaja/pemuda merupakan generasi penerus agama, bangsa dan Negara. Generasi muda terdidik yang ada di sekolah-sekolah sebagai tempat berkumpulnya para calon cendikiawan, pendidikan agama yang hendaknya mewarnai kepribadian anak, sehingga agama itu benar-benar menjadi bagian dari pribadi anak yang akan menjadi pengendali dalam kehidupannya dikemudian hari. Adapun permasalahan yang dibahas oleh penulis dalam skripsi ini adalah Bagaimana tingkat pengetahuan agama Islam siswa di Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ Palembang, Bagaimana tingkat pengamalan ajaran agama Islam pada siswa Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ Palembang dan Bagaimanakah korelasi antara pengetahuan agama Islam siswa terhadap pengamalan ajaran agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ Palembang. Tujuan dalam penelitian ini secara umum ialah berguna untuk memperoleh gambaran tentang korelasi antara pengetahuan agama Islam siswa terhadap pengamalan ajaran Islam di Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ Palembang. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengetahuan agama Islam siswa di Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ yang meliputi rukun Islam, mengetahui pengamalan ajaran Islam pada siswa Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ Palembang yang meliputi Shalat, Puasa dan Zakat. Jenis data dalam penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber datanya berupa data primer dan data skunder. Populasi penelitian sebanyak 74 responden dan sampelnya diambil dari jumlah populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan analisis statistik, yang dimulai dengan editing, conting dan tabulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Tingkat Pengetahuan Agama Islam yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Pertama Azzahro’ Palembang tergolong “sedang” yakni sebanyak 75,7% (56 siswa) dari 74 siswa yang diteliti. Sedangkan Tingkat pengamalan ajaran Islam yang dimiliki siswa sekolah menengah pertama Azzahro’ Palembang tergolong “sedang” yakni sebanyak 74,3% (55 siswa) dari 74 siswa. Maka setelah dianalisis dengan analisis statistik, ternyata terdapat korelasi yang signifikan antara pengetahuan agama Islam siswa terhadap pengamalan ajaran Islam di sekolah menengah pertama Azzahro’ palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:25
Last Modified: 29 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item