“ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muara Enim”.

PALENTINI, ITA (2012) “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muara Enim”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.rtf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (868kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (61kB)

Abstract

Secara spesifik penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MI Tanjung Raman Muara Enim”.Penulis melakukan penelitian ini disebabkan karena keingintahuan penulis mengenai perbedaan Hasil Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI Tanjung Raman Muara Enim. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI Tanjung Raman Muara Enim sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together, Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI Tanjung Raman Muara Enim sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together, Apakah ada perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, yang menjadi populasinya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen adapun jenis datanya bersifat kualitatif, sedangkan sumber data diperoleh dari siswa, guru, kepala sekolah, arsip-arsip dan linteratur. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dengan penganalisisan menggunakan rumus statistik, yaitu rumus tes “t” untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran numbered head together. Adapun hasil penelitianya sebagai berikut: pertama hasil belajar siswa di MI Tanjung Raman Muara Enim sebelum diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together yaitu berada pada kategori sedang (antara 55,05-73,92). Kedua hasil belajar siswa di MI Tanjung Raman Muara Enim sesudah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together yaitu berada pada kategori sedang (antara 68,39-88,11). Ketiga Hipotesa alternatif diterima atau disetujui dengan perincian to lebih bsar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5% dengan perician 2,09 < 4, 359> 2,86.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:42
Last Modified: 29 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item