KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS PEDULI KANKER ANAK DAN PENYAKIT KRONIS (KPKAPK) PALEMBANG DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK PENDERITA KANKER

Meilinda, Serli (2021) KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS PEDULI KANKER ANAK DAN PENYAKIT KRONIS (KPKAPK) PALEMBANG DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK PENDERITA KANKER. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
SHERLI MEILINDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komunitas Peduli Kanker Anak dan penyakit kronis (KPKAPK) merupakan komunitas yang terlahir karena adanya kepedulian sosial terhadap anak-anak penderita kanker, lalu dengan berdasarkan kepedulian dan keprihatinan terhadap bertambahnya jumlah anak-anak penderita kanker dan penyakit kronis lainya (KPKAPK) hadir di masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif membantu menyelenggarakan dan memberikan pelayanan pendampingan, pendidikan penunjang dan penyebaran infomasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal komunitas peduli kanker anak dan penyakit kronis Palembang dalam memotivasi diri anak penderita kanker. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu pihak (KPKAPK), para relawan dan anak-anak penderita kanker. Sumber data sekundernya dokumen, buku-buku, jurnal, internet dan skripsit terdahulu. Teori yang digunakan ialah Teori Interaksional yang terdiri dari komponen input proses atau pengolahan dan output Teori ini menunjukkan Bagaimana anggota relawan (KPKAPK) memiliki sebuah harapan keinginan agar anak penderita kanker itu bersemangat untuk sembuh Dan itu disebut dengan input sebab itu anggota relawan (KPKAPK) Palembang. Melakukan interaksi interpersonal yang kemudian disebut dengan proses dengan cara menyampaikan pesan-pesan yang dapat menumbuhkan semangat serta motivasi diri anak penderita kanker. Hasil dari penelitian ini ialah anggota relawan (KPKAPK) Palembang, memiliki sebuah harapan agar anak penderita kanker sembuh atau survivor kemudian memiliki keinginan untuk untuk membantu anak penderita kanker dalam memberi dorongan motivasi diri mereka guna bisa menghadapi proses pengobatan penyakit yang dideritanya, dan itu merupakan input. Maka input tersebut yang melatar belakangi mereka memberi motivasi diri pada anak kanker melalui komunikasi interpersonal atau hubungan interpersonal. Dan proses interaksi interpersonal itu dalam Teori ini disebut proses atau pengolahan . Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anggota relawan (KPKAPK) Palembang, melakukan komunikasi interpersonal terhadap anak penderita kanker dengan memperhatikan komponen keterbukaan,sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Interaksi interpersonalnya seperti, mengajak anak penderita kanker bermain, membaca buku membaca Alquran, menggambar, mengeluh tubuh pasien, bercerita, menonton video, menanamkan kata-kata yang menembus semangat dan lainnya maka dari usaha itu akan lahir sebuah output , yaitu anak penderita kanker tersebut mendapatkan sikap mendukung atau dukungan yang diperlihatkan oleh anggota relawan (KPKAPK) Palembang terhadap anak kanker.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item