PRATAMA, RENALDY (2020) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 91 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB 1 Rey.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB 5 Rey.docx Download (19kB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan komponen pembelajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukannya. Keberhasilan dalam menyampaikan materi sangat terganggu pada kelancaran interaksi komunikasi guru dengan siswanya. Ketidaklancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang diberikan guru. Apalagi pada masa pandemic sekarang yang terjadi di berbagai negara.Berdasarkan latar belakang, selanjutnya akan dikaji mengenai pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan judul hubungan pembelajaran daring dalam motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDN 91 Palembang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pembelajaran daring kelas V di SDN 91 Palembang? 2) Bagaimana motivasi siswa mengikuti proses pembelajaran daring kelas V di SDN 91 Palembang? 3) Apakah ada hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 91 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajran daring dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDN 91 Palembang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan: 1) pembelajaran daring termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 100. 2) motivasi belajar siswa kelas V di SDN 91 Palembang termasuk dengan kategori sangat baik dengan nilai 97. 3) terdapat korelasi signifikan dari pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 91 Palembang.Perbandingan antara ro dan rtabel yakni rtabel 5%0,413 rhitung> rtabel1%<1>0,526 karena ro lebih besar dari pada rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signitifikasi antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 91 Palembang. Kata-kata kunci : Pembelajaran Daring, Motivasi Siswa, Hubungan Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Siswa di SDN 91 Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring Motivasi Siswa Hubungan Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Siswa di SDN 91 Palembang |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 06:45 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 06:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14269 |
Actions (login required)
View Item |