PROFESIONALISME GURU BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK (Studi Perbandingan Guru Tetap dan Guru Tidak Tetap di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim)

SARI, YULIANI ATIKA (2012) PROFESIONALISME GURU BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK (Studi Perbandingan Guru Tetap dan Guru Tidak Tetap di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI, YULIANI ATIKA SARI , 0827030 PGMI, TARBIYAH.doc

Download (265kB)

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak pada hakikatnya memberdayakan potensi peserta didik secarah menyeluruh, Begitu juga dengan pendidik, seorang pendidik dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugasnya, karena pendidik ini bertanggung jawab atas siswanya. Tugas seorang guru bukan hanya mengajar atau mentransper ilmu saja, melainkan juga mendidik akhlak dan moral anak didik Adapun permasalahan pokok yang diangkat oleh penulis dalam penelitian ini adalah bagaimana Profesionalisme guru bidang Studi Aqidah Akhlak dalam proses pembelajaran, Apakah terdapat perbedaan profesionalsme guru Tetap dan Guru Tidak Tetap dalam proses pembelajaran pada bidang studi Aqidah Akhlak. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Untuk mengetahui kemampuan guru bidang Studi Aqidah Akhlak dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui perbedaan kompetensi Profesional guru Tetap dan Guru Tidak Tetap dalam proses pembelajaran pada bidang studi Aqidah Akhlak. Profesionalisme mengajar guru Tetap dan guru Tidak Tetap pada bidang Studi Aqidah Akhlak dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai Kec. Semende Darat Ulu Kab. Muara Enim cukup baik. Ini dapat di lihat dari upaya-upaya yang di lakukan oleh guru yaitu : selalu menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan baik sebab hal ini dapat menghasilkan proses pengajaran yang baik, menyampaikan materi menggunakan metode yang bervariasi, selalu membawa buku pegangan untuk mengajar, mengadakan evaluasi untuk mengetahui kemampuan dan prestasi siswa, mengadakan pengelolaan kelas dengan mengatur ruang kelas, meja, kursi, letak duduk siswa dan selalu memperhatikan kebersihan kelas supaya dalam kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:50
Last Modified: 30 Sep 2021 02:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14294

Actions (login required)

View Item View Item