ENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG

INDRAWATI, NURUL (2013) ENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1. Cover.docx

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV. Hasil Penelitian.docx

Download (26MB)
[img] Text
BAB IV. Pembahasan.docx

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
2. Bagian Depan.docx

Download (44kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dapat menggunakan ilmu matematiknya untuk memecahkan permasalahan yang ada di sekitar kehidupan mereka. Untuk dapat melakukan pemecahan masalah dengan baik, maka diperlukan kemampuan berpikir kritis. Melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Sehingga peneliti mengangkat permasalahan apakah pendekatan PMRI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas VIII MTs ‘Aisyiyah Palembang. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data tes menggunakan uji t, wawancara dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan populasi dua kelas, yaitu kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh thitung adalah 8.51 dan ttabel adalah 2.00. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak, yang artinya pendekatan PMRI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pelajaranan matematika. Melalui wawancara didapatkan juga informasi bahwa siswa dan guru beranggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI.      Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:42
Last Modified: 30 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item