PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), EARNING PER SHARE (EPS) DAN FIRM SIZE TERHADAP STOCK RETURN DENGAN MARKET VALUE ADDED (MVA) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

ALAWIYAH, YUSNI (2019) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), EARNING PER SHARE (EPS) DAN FIRM SIZE TERHADAP STOCK RETURN DENGAN MARKET VALUE ADDED (MVA) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V dan DAPUS.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Pasar modal ialah tempat terjadinya transaksi aset keuangan jangka panjang atau long-term financial assets. Pasar modal merupakan pasar keuangan untuk saham dan hutang jangka panjang (satu tahun atau lebih). Pasar modal memungkinkan terpenuhinya kebutuhan dana jangka panjang untuk investasi jangka panjang dalam bentuk bangunan, peralatan dan saran produksi dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengathui pengaruh EVA, EPS dan Firm Size terhadap Stock Return dengan MVA sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2015-2017. EVA dan MVA sebagai alat ukur dari sisi keuangan dan pasar yang menurut beberapa penelitian dianggap mempunyai kemampuan lebih baik dibanding pengukur kinerja lainnya.. Adapun alat kinerja lain yaitu berupa rasio, dalam penelitian ini menggunakan EPS yang mana Earning Per Share adalah pendapatan per lembar saham yang dapat dilihat di laporan laba rugi. Untuk mengetahui ukuran besar kecilnya suatu perusahaan dengan menggunakan Firm Size. Return saham adalah tingkat keuntungan yang akan diperoleh oleh investor yang menanamkan dananya di pasar modal yang berupa return realisasi dan return ekspektasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa EVA tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Stock Return. EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Stock return. Firm Size tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Stock Return. MVA terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Stock Return. EVA terdapat pengaruh dan signifikan terhadap MVA. EPS terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap MVA. Firm size terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap MVA. Kata kunci: Economic Value Added, Earning Per Share, Firm Size, Stock Return, Market Value Added

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:49
Last Modified: 04 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item