HUKUM SHALAT BERJAMA’AH DI MASJID (SHOLAT LIMA WAKTU) MENURUT MADZHAB SYAFI’I DAN MADZHAB DAUD AZH-ZHOHIRY

Jumria, Aria (2016) HUKUM SHALAT BERJAMA’AH DI MASJID (SHOLAT LIMA WAKTU) MENURUT MADZHAB SYAFI’I DAN MADZHAB DAUD AZH-ZHOHIRY. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI ARYA JUMRIA.docx

Download (135kB)

Abstract

Shalat merupakan ibadah yang paling utama, dan pondasi dari agama islam. Shalat adalah media komunikasi antara manusia kepada Allah.SWT. Shalat sangat dianjurkan dilaksanakan dengan cara berjama’ah, Namun umat muslim akhir-akhir ini banyak yang meninggalkan sunnah fi’liyyah Rasulullah.SAW tersebut sehingga Masjid sepi dan terbengkalai. Para ulama’ dan fuqoha’ berbeda pendapat mengenai hukum Shalat berjama’ah di Masjid untuk Shalat shalat wajib, Namun mereka senantiasa menjaga keistiqomahan untuk melaksanakan shalat berjama’ah di Masjid.     Jenis penelitian yang digunakan adalah Library Research, yaitu melalui membaca, mencatat, mengkaji, mengumpulkan data-data dari literatur buku dan teks-teks tulisan serta menganalisa kutipan dari sumber bacaan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang akan dibahas, yakni tentang hukum Shalat berjama’ah di Masjid. Data primer bersumber dari buku-buku pokok yaitu kitab Al-Umm dan kitab Al-Muhalla, Al-Qur’an serta Hadits yang berkaitan dengan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hukum shalat berjama’ah di Masjid untuk shalat wajib menurut Imam Syafi’I adalah fardhu kifayah, dengan dalil hadits riwayat Abu Hurairah.ra dan Menurut Imam Daud Azh-Zhohiry adalah wajib dan syarat sah shalat, dengan dalil hadits Abu Yusuf.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:59
Last Modified: 05 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item View Item