KEYAKINAN DIRI ( SELF EFFICACY ) DAN INTENSI PERILAKU MENCONTEK PADA SAAT UJIAN (Studi Kasus Pada Sekelompok Mahasiswa Jurusan BPI).[SKRIPSI]

ARRIANTI, MELLISYAH (2017) KEYAKINAN DIRI ( SELF EFFICACY ) DAN INTENSI PERILAKU MENCONTEK PADA SAAT UJIAN (Studi Kasus Pada Sekelompok Mahasiswa Jurusan BPI).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MELLISYAH ARRIANTI 12520018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Keyakinan Diri (Self Efficacy) dan Intensi Perilaku Mencontek Pada Saat Ujian (Studi Kasus Pada Sekelompok Mahasiswa Jurusan BPI)”. Salah satu permasalahan yang banyak ditemukan dalam dunia pendidikan saat ini adalah perilaku mencontek, dimana salah satu penyebab yang mendorong mahasiswa untuk melakukan perilaku mencontek adalah dikarenakan ketidakyakinan akan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas maupun ujian secara baik. Penilaian individu terhadap kemampuan atau kompetensinya dalam melakukan tugas dan mencapai tujuan tersebut disebut dengan istilah self efficacy. Adapun rumusan masalah yaitu faktor-faktor penyebab mahasiswa mencontek saat ujian, bagaimana keyakinan diri (self efficacy) mahasiswa BPI dalam mengerjakan ujian, dan bagaimana pendekatan bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku mencontek saat ujian. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab mahasiswa mencontek saat ujian, mengetahui bagaimana keyakinan diri (self efficacy) mahasiswa BPI dalam mengerjakan ujian, dan mengetahui bagaimana pendekatan bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku mencontek saat ujian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: deskriptif kualitatif, yakni dengan mengumpulkan data-data dari lapangan yang berkaitan dengan pokok permasalahan dalam penelitian, kemudian penulis analisa dengan cara induktif kualitatif yaitu penyusunan data dari khusus ke umum. Adapun informan dalam penelitian ini adalah sekelompok mahasiswa jurusan BPI yang berjumlah 5 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa mencontek pada saat ujian antara lain yaitu keimanan yang lemah, pengawasan yang lemah dari pengawas, adanya pengaruh buruk yang telah merambah dalam pendidikan, tidak mempunyai suri teladan, tidak mengetahui tentang hukum syariat, tidak takut dengan hukuman pelanggaran mencontek, dan adanya pengaruh dari lingkungan. Sedangkan keyakinan diri (self efficacy) yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan BPI masih sangat rendah dalam menyelesaikan tugas ataupun ujian. Adapun pendekatan bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku mencontek yaitu dengan menggunakan pendekatan konseling behavioristik. Pendekatan konseling behavioristik ialah manusia memulai kehidupannya dengan memberikan reaksi terhadap lingkungannya dan interaksi ini menghasilkan pola-pola perilaku yang kemudian membentuk kepribadian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2017 03:06
Last Modified: 30 Nov 2017 03:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item