UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL SURAT PENDEK AL-MA’UN MELALUI METODE MIMICRY MEMORIZATIO DI KELAS V SDN 211 PALEMBANG

-, Kholilah (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL SURAT PENDEK AL-MA’UN MELALUI METODE MIMICRY MEMORIZATIO DI KELAS V SDN 211 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Bab I Kholilah.docx

Download (290kB)
[img] Text
BAB II Kawan Madu.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III Kholilah.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV kholilah.docx

Download (87kB)
[img] Text
Bab V Kholihah.docx

Download (17kB)

Abstract

Proses pembelajaran di kelas V SDN 211 Palembang sendiri, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal surat pendek al-Ma’un. Kesulitan ini juga berdampak pada pengembangan materi pada jenjang berikutnya. Pada kenyataannya masih banyak siswa mengalami kesulitan. Oleh karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode Mimicry Memorization. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan siswa menghafal surat pendek al-Ma’un melalui metode Mimicry Memorization di Kelas V SDN 211 Palembang. Tujuan diadakan penelitian terhadap proses pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hafalan surat pendek al-Ma’un melalui metode Mimicry Memorization pada siswa Kelas V SDN 211 Palembang. Sedangan kegunaan penelitian ini adalah membantu memperbaiki proses pembelajaran PAI dan penerapan Metode Mimicry Memorization akan mempermudah siswa dalam menghafal surat-surat pendek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, menunjukkan bahwa metode Mimicry Memorization dapat meningkatkan hafalan surat pendek al-Ma’un pada siswa kelas V SD Negeri 211 Palembang dengan rincian yaitu: 1) Pada prasiklus, siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 27,58% dan 21 siswa tidak tuntas atau 72,42% dari nilai KKM sebesar 70 dengan nilai rata-rata 65; 2) Selanjutnya pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 55,17% dan 13 siswa yang tidak tuntas atau 44,83% dari nilai KKM sebesar 70. Pada siklus ini nilai rata-rata meningkat dari 65 menjadi 68,27; dan 3) pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa atau 100% dari nilai KKM sebesar 70. Pada siklus ini nilai rata-rata meningkat dari 68,83 menjadi 79,48.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:44
Last Modified: 08 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item