POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MASYARAKAT SUKU JAWA DAN SUKU OGAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun Baturaja, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu)

Muhith Agustian, Muhammad (2019) POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MASYARAKAT SUKU JAWA DAN SUKU OGAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun Baturaja, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
M. MUHITH AGUSTIAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi menjadi hal yang begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan berkomunikasi secara tidak langsung kita dapat memahami sikap, perilaku serta tindakan dari lingkungan sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti dihadapkan dengan berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang tertentu yang berasal dari kelompok, ras, suku atau budaya lain. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pola komunikasi antarbudaya pada masyarakat suku Jawa dan suku Ogan (studi kasus pada masyarakat Dusun Baturaja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu). Pola komunikasi yang terjadi di masyarakat Dusun Baturaja yaitu pola komunikasi dua arah. Masyarakat suku Jawa dan suku Ogan masing-masing masyarakatnya baik penduduk lokal maupun pendatang saling menerima adat dan budaya masing-masing. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan teknik wawancara secara mendalam, dan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Sumber data primer pada penelitian ini adalah diperoleh dari narasumber tokoh masyarakat yang ada di Dusun Baturaja. Sedangkan sumber data sekundernya berasal dari arsip dokumen, struktur organisasi dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai pola interaksi antarbudaya pada masyarakat lokal dan pendatang dan dalam hasil yang peneliti dapatkan di lapangan dan dengan wawancara pada masyarakat, pola komunikasi yang paling efektif yaitu bertatap muka secara langsung hal tersebut juga untuk mengelola cara kita berkomunikasi dengan orang yang berlatar belakang budaya yang berbeda dan sejauh ini dalam proses sosial dan interaksinya baik penduduk lokal maupun pendatang tidak mengalami konflik ataupun masalah antar masyarakat. Adanya toleransi di Dusun Baturaja menjadikkan kehidupan bermasyarakat harmonis dan terbuka satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:39
Last Modified: 11 Oct 2021 01:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item