UPAYA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB.C YAYASAN PENDIDIKAN ANAK CACAT DI SUKAMAJU SAKO PALEMBANG (STUDI KASUS MALAS BELAJAR )

aldi karomatullah, MUHAMMAD (2015) UPAYA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB.C YAYASAN PENDIDIKAN ANAK CACAT DI SUKAMAJU SAKO PALEMBANG (STUDI KASUS MALAS BELAJAR ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
aldi.doc

Download (16MB)

Abstract

Agama Islam merupakan agama yang paling lengkap, yang meliputi semua aspek kehidupan, salah satunya yaitu aspek lahirnya anak dalam keadaan fitrah di dunia. Kelahiran anak adalah merupakan kebahagiaan orang tua, yang merupakan hasil dari pernikahan yang di ridhai Allah SWT, anak titipan dari Allah, Amanah yang harus di jaga menjalankan sesuai kewajiban kedua orang tua terhadap anaknya memberikan pembekalan pendidikan agama yang cukup, di samping memberikan pendidikan agama umum orang tua memperhatikan perkembangan anak lingkungan belajar di era zaman modern telah maraknya permainan games online dan permainan games PS dan cenderung anak biasa memainkan permainan dan kurang kosentrasi belajar sekolah dan menghambat pertumbuhan, perkembangan belajar. Oleh karena itu hendaknya orang tua beperan aktif dan memperhatikan tumbuh pesat anak dan memberikan motivasi belajar tehadap anaknya tugas dari orang tua contoh; meluangkan waktu terhadap anak menemani belajar, dan menanyakan anak apakah ada tugas dari sekolah, dan memberikan nasehat-nasehat baik pada anak supaya anak termotivasi untuk belajar di sekolah dan pengasuh beperan sebagai orang yang mengembangkan bakat dan mengasah di bidang pengatahuan. Penelitian ini berjudul “Upaya Bimbingan Penyuluhan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Ringan di SLB.C Yayasan Pendidikan Anak Cacat di Sukamaju Sako Palembang (Studi Kasus Malas Belajar)”. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah Motivasi belajar anak Tunagrahita Ringan, factor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita. Upaya bimbingan penyuluhan islam dalam meningkatkan motivasi belajar Tunagrahita Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni melalui wawancara dalam penelitian kualitatif peneliti sendiri atau bantuan siswa lain merupakan alat pengumpul data utama. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa SLB-C sebagai data primer dan tenaga pengajar YPAC SLB-C Sumatera Selatan sebagai data sekunder dengan melakukan wawancara langsung mengenai Upaya Bimbingan penyuluhan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Tunagrahita Ringan. Teknik analisa data yang digunakan yakni dengan menggunakan teknik deskritif kualitatif caranya adalah data yang diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi diuraikan dan dijelaskan sesuai dengan permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa motivasi belajar anak tunagrahita ringan dukungan dari orang tua dalam memberikan dorongan belajar dan memperhatikan interaksi lingkungan pergaulanya faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita kurang memperhatikan perkembangan anak terhadap belajar dan bakat pendukung meluangkan waktu menemani anak belajar dan agar anak termotivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2021 09:03
Last Modified: 20 Dec 2022 01:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item