IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MI AL - ADLI KOTA PALEMBANG

Ramadini, Utari (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MI AL - ADLI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di MI Al-Adli Kota Palemabng. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana implementasi program gerakan literasi sekolah di MI Al-Adli Palembang? (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Program gerakan literasi sekolah di MI Al-Adli Palembang? (3) Bagaimana dampak program gerakan literasi sekolah? Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di MI Al –Adli Kota Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah program gerakan literasi sekolah. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi program gerakan literasi sekolah di MI Al-Adli Palembang ini dilakukan dengan pembiasaan 15 menit membaca sebelum memula pelajaran, kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik secara langsung maupun dengan anjuran guru kelas untuk membaca dan menulis. (2) Faktor pendukung nya antara lain adalah kelengkapan buku yang disediakan oleh sekolah sedangkan faktor penghambatnya adalah minat baca dari siswa tersebut. (3) Dampak dari program gerakan literasi sekolah seperti yang kita ketahui bahwa membaca dan menulis mempunyai banyak sekali manfaat bagi kehidupan dan kesehatan. Bagi kehidupan siswa yang rajin akan lebih memahami apa isi dari yang mereka baca, lain halnya dengan siswa yang tidak suka membaca dan tidak fokus saat menyimak bacaan maka tingkat pemahaman mereka terhadap bacaan tersebut tentu saja kurang. Lalu bagi kesehatan orang yang banyak membaca akan memperkuat daya ingatnya dan memperlambat kepikunan. Kata kunci: gerakan literasi sekolah , faktor pendukung dan penghambatnya, dampak dari literasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: gerakan literasi sekolah faktor pendukung dan penghambatnya dampak dari literasi
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:57
Last Modified: 11 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16050

Actions (login required)

View Item View Item