ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

ALODIA, PHUTIH (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Soal cerita adalah soal matematika yang disajikan dengan kalimat yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta memuat masalah yang menuntut pemecahan. Soal cerita yang dimaksud dalam tulisan ini adalah soal Matematika yang dinyatakan dalam bentuk cerita. Soal cerita yang baik adalah yang berkaitan erat dengan keadaan yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pokok bahasan matematika yang dirasakan sulit oleh siswa adalah operasi hitung campuran yang ditulis dalam bentuk soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang benar dan dapat dipercaya tentang kesulitan belajar matematika siswa dalam bentuk soal cerita. Metode pembahasan yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Palembang tahu ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di kelas IX dengan siswa yang berjumlah 27 siswa, dimana 6 siswa di ambil berdasarkan kriteria tingkat kesulitan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pengamatan tes soal dalam bentuk soal cerita. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan adalah menggunakan trigulasi. Berdasarkan hasil pengamatan masih banyak responden yang melakukan kesulitan dalam mengerjakan soal cerita diantaranya kesulitan dalam mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika dan penggunaan operasi hitung. Pada umumnya siswa kesulitan dalam mengerjakan soal cerita yang disajikan dalam bentuk cerita. Sesuai dengan temuan dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kesulitan-kesulitan yang dilakukan siswa diantaranya kesulitan dalam memahami konsep dan materi lingkaran, menguasai dan menggunakan operasi hitung, misalnya pertambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian pada materi lingkaran. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar operasi hitung campuran diantaranya kurangnya penguasaan mereka dalam konsep materi dan hitungan, kurangnya waktu yang disediakan siswa untuk mengulangi pelajaran dirumah. Kata kunci: penelitian analisis kesulitan, soal cerita, Lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: penelitian analisis kesulitan, soal cerita, Lingkaran.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:09
Last Modified: 11 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item