PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BIJAK BERSOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DALAM BERKOMUNIKASI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang)

Destawina, Neni (2020) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BIJAK BERSOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DALAM BERKOMUNIKASI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
NENI DESTAWINA 1627010094.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Iklan layanan masyarakat Bijak Bersosial Media yang tayang di TRANSTV, hadir sebagai salah satu bentuk komunikasi massa, memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara massa dan serempak melalui televisi. Hal tersebut diangkat bukan tanpa alasan, sebab menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga We Are School, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, sebanyak 120 juta orang Indonesia menggunakan handphone atau smartphone untuk mengakses media sosial. Dalam sepekan, aktivitas online melalui smartphone mencapai 37 persen dengan rata-rata menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Pengaruh keberadaan iklan layanan masyarakat tersebut terhadap sikap dalam berkomunikasi sesuai dengan isi iklan, merupakan hal yang ingin diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat tersebut terhadap perilaku komunikasi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang, serta digunakan pula Teori Respon Kognitif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara serta kuisioner diolah dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Lalu di analisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa iklan layanan masyarakat Bijak Bersosial media berpengaruh positif terhadap Sikap dalam Berkomunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang sebesar 21,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:21
Last Modified: 11 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item