Hidayati, Nurul (2021) Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Menggunakan Alat Peraga Braille Di SMPLB-A PRPCN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis design research yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses desain Hypothetical Learning Materi Penjumlahan Pecahan Berbeda Penyebut menggunakan alat peraga Braille . Penelitian ini secara garis besar dibagi menjadi 3 tahap yakni, tahap persiapan kegiatan uji coba/eksperimen (preparing for the experiment), tahap pelaksanaan kegiatan uji coba/eksperimen desain (the design experiment), dan tahap analisis retrospektif (the retrospective analysis). Penelitian ini menghasilkan desain Hypothetical Learning Tracjectory Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda yang memuat aktivitas: Membagi balok satuan menjadi beberapa bagian sama besar, Membandingkan ukuran balok pecahan yang berbeda untuk mendapatkan pecahan-pecahan berukuran sama, Membandingkan ukuran gabungan beberapa balok, Menggabungkan beberapa pecahan, Menentukan balok pecahan yang berukuran sama dengan balok pecahan hasil penjumlahan. Kelima aktivitas tersebut terlaksana dengan cukup baik. Setelah pelaksanaan kegiatan eksperimen, jawaban siswa pada latihan soal menunjukkan bahwa subjek penelitian dapat memahami materi yang disampaikan. Kata Kunci : Hypothetical Learning Trajectory, Penjumlahan Bilangan Pecahan Berpenyebut Berbeda, Alat Peraga Braille, Siswa Tunanetra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hypothetical Learning Trajectory Penjumlahan Bilangan Pecahan Berpenyebut Berbeda, Alat Peraga Braille Siswa Tunanetra |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 08:53 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 08:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16457 |
Actions (login required)
View Item |