TRANSAKSI PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR TANPA BALIK NAMA (Studi Hak Kepemilikan Bagi Pembeli Dalam Pandangan Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan)

Ningsih, Ratiya (2019) TRANSAKSI PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR TANPA BALIK NAMA (Studi Hak Kepemilikan Bagi Pembeli Dalam Pandangan Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Peneliti Ini Berjudul Transaksi Pembelian Kendaraan Bermotor Tanpa Balik Nama (Studi Hak Kepemilikan Bagi Pembeli Dalam Pandangan Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan). Pengalihan hak milik atas kebendaan melalui akad jual beli yang dilakukan dimana ketentuan undang-udang mensyaratkan bahwa untuk perolehan hak milik berdasarkan penyerahan, harus memenuhi dua syarat yaitu adanya peristiwa Perdata untuk memindahkan hak milik dan dilakukannya penyerahan yang semuanya harus dibuat dan dilakukan oleh seorang yang berhak untuk berbuat bebas kepada kebendaan yang akan dialihkan. Dengan permasalahan Bagaimana proses transaksi pembelian motor yang dilakukan masyarakat di wilayah Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan dan Bagaimana status hak kepemilikan terhadap pembeli motor tanpa balik nama menurut pandangan pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (empiris), sedangkan sumber data yang diambil merupakan sumber dari Sumber data primer dan data skunder dalam penelitian ini adalah berupa kata kata data disajikan dalam bentuk kutipan-kutipan langsung dari wawancara sendiri kepada narasumber yang telah dipilih oleh penulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses transaksi yang terjadi di masyarakat adalah jual beli kendaraan melalui showroom dari pihak sales dan melalui perorangan individu dari pemilik kendaraan tersebut, status hak pemilikan pembelian kendaraan bermotor tanpa melakukan balik nama kendaraan. Kemudian ditinjau dari aturan hukum yang diatur Undang�Undang republik Indonesia dan pandangan dari pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan bahwa status hak kepemilikan tersebut tidak akan berpindah kepemilikan jika tidak melakukan balik nama terlebih dahulu karena buku pemilik kendaraan bermotor dan surat tanda nomor kendaraan dianggap sebagai sertifikat kepemilikan hak milik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? HC ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:57
Last Modified: 18 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item