UNSUR SPIRITUALITAS PADA ILUMINASI NASKAH KESULTANAN DAN MASYARAKAT PALEMBANG (Studi Comparative Naskah Alquran Raden Muhammad Fawaz Diradja Dan Naskah Alquran M Ali Darul Aitam)

Ridho, Ridho (2020) UNSUR SPIRITUALITAS PADA ILUMINASI NASKAH KESULTANAN DAN MASYARAKAT PALEMBANG (Studi Comparative Naskah Alquran Raden Muhammad Fawaz Diradja Dan Naskah Alquran M Ali Darul Aitam). Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji Iluminasi pada Kedua Naskah Alquran yang di koleksi oleh Raden Muhammad Fawaz Diradja dan Naskah Alquran M Ali Darul Aitam. Kajian ini membahas secara komprehensif tentang Unsur Spiritualitas dari Iluminasi kedua Naskah Alquran yang sama memiliki temporal waktu yang sama, akan tetapi berbeda jenisnya. Banyak peneliti lain mengkaji tentang pernaskahan di Kota Palembang, di sisi lain unsur Iluminasi, selama ini kurang dijadikan kajian penelitian yang membahas tentang Unsur Spiritualitas dari Iluminasi Sebuah Alquran, khususnya di Palembang. Peniliti merasa penting untuk mengkaji unsur Spiritualitas dari Iluminasi kedua Naskah Alquran dalam sejarah pernaskahan di kota Palembang ini, karena ada beberapa alasan yang membuat peneliti ini menarik. Pertama adalah tentang Corak dari Iluminasi kedua Naskah ini yang memberikan unsur Spiritual dan Makna yang tersendiri dan selama ini tidak ada pembahasan yang cukup signifikan tentang hal tersebut. Kedua adalah Iluminasi dari masing-masing naskah tersebut menggambarkan makna tersendiri dari tempat nya berasal, walaupun sama-sama berada di kota Palembang, dari argument tersebut maka, pertanyaan besar dalam penelitian ini adalah bagaiman unsur Spiritualitas dari Iluminasi naskah Kesultanan dan Masyarakat Palembang. Guna mengolah data yang didapat agar memperoleh hasil yang maksimal, dalam penelitian ini menggunakan ilmu filologi yang menggunakan teori Kodikologi yang bertujuan untuk menganalisis bukti-bukti data untuk menegakkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat. Temuan dalam penelitian ini adalah pertama, dalam naskah Alquran Kesultanan ini di temukan unsur spiritual pada Iluminasi yang berbentuk Vertikal dan pewarnaan Kuning Emas dengan arti kesakralan hubungan kepada sang pencipta xxiii dan kejayaan yang luhur dari spirit roh manusia, Dan naskah Masyarakat Palembang yang di koleksi oleh bapak M. Ali yang merupakan peninggalan dari para Habib yang berada di Kota Palembang yang memberikan unsur spiritual yang lebih kuat dari iluminasi yang terdapat dari Alquran ini dengan unsur vertical dan unsur horizontal dengan warna hijau yang mendominasi, dengan pemaknaan spiritual yang memiliki hubungan dengan Sang Pencipta dan sesama manusia, dan pewarnaan warna hijau dengan makna kemakmuran bagi yang membacanya. Pada intinya makna spiritualitas dari kedua naskah Alquran ini memiliki ketengan jiwa bagi yang membacanya dengan di hadirkannya pola dan unsur iluminasi yang melambangkan kesakralan dari kedua Alquran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Pascasarjana > Program Magister
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:50
Last Modified: 18 Oct 2021 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item View Item