PUSPA, ECA YOLANDA (2021) PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA ETHIKA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
B. BAB 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
F. BAB V.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “ Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Ethika Palembang”. Adapun rumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaiman pelaksanaan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekatrakurikuler di SMA Ethika Palembang dan apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA Ethika Palembang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, yaitu penelitian lapangan yang datanya diperoleh langsung dari lapangan, baik berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentsi. Adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini yaitu waka kesiswaan, waka kurikulum dan pembina yang terlibat dalam pelaksanaan program pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan yang menjadi informan pendukung dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, siswasiswi, dokumen-dokumen, jurnal dan arsip yang berkaitan dengan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Hasil penelitian yang didapat bahwa pelaksanaan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA Ethika Palembang sudah dilaksanakan rutin setiap minggunya, yang menjadi wadah pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA Ethika Palembang ini terdiri dari: kegiatan ekstrakurikuler pramuka, ekstrakurikuler paskibraka, ekstrakurikuler hadroh dan ekstrakurikuler taekwondo. Jika dilihat dari indikator pelaksanaan (commanding, directing, motivating, communicating dan coordinating) maka program ini sudah dilakukan cukup baik, hanya saja pelaksanaan program ini belum sepenuhnya sesuai dengan panduan juknis yang dikeluarkan oleh direktorat pembinaan SMA, kemudian kurangnya tenaga profesional yang mengelola program tersebut, kurangnya motivasi yang diberikan pembina kepada peserta didik, serta program yang dijalankan terkesan tidak di evaluasi lebih lanjut. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA Ethika Palembang, adalah sebagai berikut: adanya kemauan dari dalam diri siswa, adanya dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan seluruh pihak sekolah, pihak sekolah terus mengupayakan untuk memberikan fasilitas sarana prasarana seperti upaya melengkapi alat-alat yang di butuhkan serta menyediakan halaman dan ruangan aula agar dapat dipakai sesuai jenis ekstrakurikulernya, adanya kebijakan kepala sekolah kepada bawahan di sekolah agara dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yaitu sebagai pengelola dan pembina dalam pelaksanaan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya dalam pelaksanaan program pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA Ethika Palembang meliputi: kurangnya kedisiplinan antara pembina ekstrakurikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat dengan masih adanya pembina yang belum hadir saat seharusnya kegiatan tersebut sudah harus dilaksanakan, serta siswa yang sering terlambat ke sekolah saat mengikuti kegiatan tersebut, Kurangnya waktu yang disediakan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut, kurangnya pembina ekstrakurikuler, serta keterbatasan dana pembinaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17644 |
Actions (login required)
View Item |