IMPLEMENTASI ENTREPRENEURSHIP DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM PADA SISWA KELAS X MA DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HISAN SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN

SARI, LIA PERMATA (2021) IMPLEMENTASI ENTREPRENEURSHIP DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM PADA SISWA KELAS X MA DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HISAN SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul Implementasi Entrepreneurship dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa Kelas X MA di Pon-Pes Mamba’ul Hisan Sungai Lilin. Skripsi. Palembang: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Fatah Palembang 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai Pengembangan Entrepreneurship Dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa Kelas X MA di Pon-Pes Mamba’ul Hisan Sungai Lilin. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis lapangan (field research). Informan dalam penelitian ini yaitu Guru Kewirausahaan dan Pembina lapangan Kewirausahaan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer adalah data yang didapat dari hasil wawancara dengan Guru Kewirausahaan dan Pembina Lapangan Kewirausahaan selain itu juga hasil observasi penelitian terhadap kegiatan pelaksanaan Pengembangan dan hasil dokumentasi terkait dengan Pelaksanaan kegiatan Pengembangan. Sedangkan sumber data sekunder yaitu Siswa Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan yang berkaitan dengan penelitian ini. Tekhnik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode Penyampaian materi Entreoreneurship yang meliputi: a) metode ceramah, untuk meminimalisir dalam penyampaian tidak terjadi kejenuhan maka guru menggunakan media LCD, b) metode penugasan, berupa presentasi menggunakan power point, berupa kliping, penyusunan karangan, pembuatan kerajinan tangan, dan pembuatan produk yang lain. Hal ini dapat memberikan siswa peluang besar untuk mengembangkan kreativitasnya. 2) Implementasi Entrepreneurship dan Pengembangannya di Pon-Pes Mamba’ul Hisan Sungai Lilin yaitu: a) koperasi yang bekerja sama dengan Bussines Center yang bergerak dibidang grosir yang menyediakan berbagai kebutuhan alat tulis yang dijualka siswa di koperasi kepada siswa-siswa dilingkungan sekolah ketika melakukan praktik Entrepreneurship. Barang yang ada di koperasi di dapat dari agen distributor yang sebelumnya telah mengadakan kerja sama dengan Pon-Pes.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:51
Last Modified: 21 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item