PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTs JAM’IYAH ISLAMIAH TANJUNG PINANG OGAN ILIR

WIDYA DWI LIYANA, WIDYA (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTs JAM’IYAH ISLAMIAH TANJUNG PINANG OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran di MTs Jam’iyah Islamiah Tanjung Pinang Ogan Ilir masih didominasi oleh guru, sehingga hasilnya kurang efektif. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin menerapkan metode Problem Solving dalam proses pembelajaran di MTs Jam’iyah Islamiah Tanjung Pinang Ogan Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui metode Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII MTs Jam’iyah Islamiah Tanjung Pinang Ogan Ilir, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII di MTs Jami’yah Islamiah Tanjung Pinang Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dimana kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas eksperimen 78,5 termasuk dalam kategori baik, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas kontrol 69 termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 2,21 dan ttabel = 2,03, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh penerapan metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII MTs Jam’iyah Islamiah Tanjung Pinang Ogan Ilir. Kata Kunci: Metode Problem Solving dan Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:58
Last Modified: 21 Oct 2021 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

View Item View Item