ANALISIS NILAI-NILAI ISLAM PADA KESENIAN SYARAFAL ANAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH DESA PERAJIN KECAMATAN BANYUASIN 1 KABUPATEN BANYUASIN

OKTARIANSYAH, CANDRA (2018) ANALISIS NILAI-NILAI ISLAM PADA KESENIAN SYARAFAL ANAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH DESA PERAJIN KECAMATAN BANYUASIN 1 KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Candra Oktariansyah (14510010).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan tentang nilai-nilai Islam yang terkandung dalam kesenian syarafal anam. Kesenian Syarafal Anam ini termasuk kesenian yang bernuansa Islami yang sarat akan nilai-nilai Islam yang dapat digunakan sebagai media dakwah. Berdasarkan latar belakang ini, dalam penelitian ini, pokok permasalahan yang dibahas ada dua hal yaitu: (1) kondisi objektif syarafal anam desa Perajin (2) nilai-nilai Islam yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai�nilai Islam pada kesenian Syarafal Anam sebagai media dakwah desa Perajin. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) sedangkan data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu cara yang digunakan untuk membahas objek penelitian secara apa adanya berdasarkan data yang diperoleh. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah kesenian syarafal anam di desa Perajin masih dilestarikan walau terdapat beberapa hambatan meliputi kurangnya kaderisasi pemain dan alat terbangan yang sudah dirubah sehingga suara yang dihasilkan kurang lantang. Selanjutnya kesenian syarafal anam desa Perajin mengandung nilai-nilai Islam yang meliputi nilai ‘aqidah, ibadah, dan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:03
Last Modified: 21 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item