Analisis Iklan Spanduk sebagai Alat Mengatasi Penyebaran Covid-19

ANDIKA, ARI (2021) Analisis Iklan Spanduk sebagai Alat Mengatasi Penyebaran Covid-19. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, televisi termasuk dalam salah satu media massa yang berpengaruh, sehingga masyarakat menjadi tahu dan memahami secara baik tentang segala informasi yang disajikan. Masyarakat yang awalnya tidak mengetahui tentang segala informasi pada akhirnya menjadi tahu dan sadar akan hal yang terjadi disekitrnya. Karena hal itu juga, televisi menjadikannya sebagai masyarakat yang konsumtif dan haus akan informasi. Tak heran jika televisi mempunyai peran penting dalam perubahan yang sangat berarti di dalam masyarakat.1 Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang atau pun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dan lain sebagainya. Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba. Pembuatan iklan di media cetak dibatasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Jadi, pembuatan iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk mengurangi beban biaya penayangan. iklan memiliki banyak fungsi diantaranya yaitu dapat memberikan informasi (Informing), dapat membujuk (Persuading), dapat mengingatkan (Reminding), dapat memberikan nilai tambah (Adding Value). Selain memiliki fungsi, iklan juga memiliki tujuan yaitu Memberikan informasi terhadap suatu produk seperti jasa, barang, ide dan lain sebagainya, Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan, Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk, Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat lainya.2 Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri yaitu menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan , menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak, Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan, menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran. Suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat-syarat iklan, diantaranya yaitu iklan harus bersifat Objektif dan jujur, jelas dan mudah dipahami, menarik perhatian banyak orang, tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.3

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:47
Last Modified: 27 Oct 2021 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18202

Actions (login required)

View Item View Item