Implementasi total Quality Management ( tqm) dalam manajemen perpustakaan di dinas perpustakaan dan kearsipan Musi Banyuasin

Rozali Kholid, Rozali Kholid and Herlina, Herlina and Dalilan, Dalilan (2021) Implementasi total Quality Management ( tqm) dalam manajemen perpustakaan di dinas perpustakaan dan kearsipan Musi Banyuasin. Other thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rozali Kholid Lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Rozali Kholid NIM : 1654400094 Faklutas : Adab dan Humaniora Prodi/Tahun : Ilmu Perpustakaan/2021 Judul Skripsi : Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Manajemen Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin xiii + 101 Hal + Lampiran Skripsi ini membahas tentang Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Manajemen Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seperti apa strategi implementasi, mengetahui faktor penghambat dan pendukung, serta mengetahui langkah-langkah perpustakaan dalam meningkatkan kualitas jasa pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang merupakan data berupa penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan implementasi Total Quality Management (TQM) dalam manajemen perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu, kepala perpustakaan, Kasubag pengolahan bahan dan data pustaka serta pelaporan, dan lima orang pemustaka perpustakaan Musi Banyuasin. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi implementasi Total Quality Management (TQM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin dengan cara menerapkan prinsipprinsip dari teori Hensler dan Brunell yang terdiri dari kepuasan pelanggan (pemustaka), respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan bersinambungan. Sedangkan upaya meningkatkan kualitas jasa pelayanan berdasarkan teori Goetsch dan Davis yang terdiri dari fokus pada pelanggan, perpustakaan meningkatkan kualitas jasa pelayanan, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, pendidikan dan pelatihan, kebebasan terkendali. Faktor penghambat dan pendukung diantaranya yaitu dana, dukungan pemerintah, program pelatihan, dan promosi. Kata Kunci : Total Quality Mangement (TQM), Manajemen Perpustakaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 17 Nov 2021 06:49
Last Modified: 17 Nov 2021 06:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18355

Actions (login required)

View Item View Item