KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DAN DUKUN BERANAK DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL ( STUDI FENOMENOLOGI PADA BIDAN DAN DUKUN BERANAK DI DESA PEMATANG LUMUT KECAMATAN BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI)

MIRANDA, ADELIA KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DAN DUKUN BERANAK DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL ( STUDI FENOMENOLOGI PADA BIDAN DAN DUKUN BERANAK DI DESA PEMATANG LUMUT KECAMATAN BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI). KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DAN DUKUN BERANAK DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL ( STUDI FENOMENOLOGI PADA BIDAN DAN DUKUN BERANAK DI DESA PEMATANG LUMUT KECAMATAN BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI).

[img]
Preview
Text
JURNAL ADELIA MIRANDA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Pelayanan kesehatan yang dilakukan antara bidan dan dukun beranak dalam lingkup masyarakat pedesaan merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari ditengah masyarakat sekarang. Saat ini bidan dan dukun beranak pun menjadi mitra dalam membantu persalinan ibu hamil. oleh karena itu, komunikasi yang baik sangatlah diperlukan antara keduanya. Adapun latar belakang peneliti mengangkat judul ini karena ingin mengetahui bagaimana proses komunikasi terapeutik yang terjadi antara bidan dan dukun beranak dalam optimalisasi pelayanan kesehatan pada ibu hamil. Peneliti mengambil lokasi di Desa Pematang Lumut Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Komunikasi Terapeutik Bidan dan Dukun Beranak dalam Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil (Studi Fenomenologi pada Bidan dan Dukun Beranak di Desa Pematang Lumut Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi)”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi terapeutik bidan dan dukun beranak dalam optimalisasi pelayanan kesehatan ibu hamil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan tentang keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi dan dikombinasikan dengan teori yang ada. Hasil dari penelitian ini yaitu proses komunikasi terapeutik bidan dan dukun beranak dalam optimalisasi pelayanan kesehatan ibu hamil yang terbagi menjadi 2 bentuk yaitu penyampaian pesan secara verbal dan nonverbal, Fase-fase Komunikasi Terapeutik Bidan dan Dukun Beranak yang terdiri dari 4 fase yaitu tahap persiapan (prainteraksi), tahap orientasi (perkenalan), tahap kerja, dan tahap terminasi. Komunikasi Interpersonal Bidan dan Dukun Beranak dalam Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil. Sehingga dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan rujukan agar dapat memiliki pemahaman dan kesadaran akan pentingnya informasi melalui komunikasi pada pelayanan kesehatan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:06
Last Modified: 19 Nov 2021 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item