PERAN KELOMPOK TANI DALAM PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA TAWANG REJO KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

YULIANTI, VETI (2021) PERAN KELOMPOK TANI DALAM PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA TAWANG REJO KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
VETI YULIANTI FIX B5 SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kelompok tani dapat berperan dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat desa berupa kegiatan kampanye politik, sosialisasi politik, serta mobilisasi massa dalam politik. Untuk meningkatkan partisipasi yang baik kelompok tani melakukan inovasi baru agar terciptanya suasana politik baik. Untuk itu kerjasama antar kelompok tani satu dengan yang lainnya sangat diperlukan dalam membangun atau menciptakan desa yang maju. Focus penelitian ini adalah peran kelompok tani dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat desa Tawang Rejo. Teori yang digunakan adalah teori peran dari Raphl Linton yang menyebutkan bahwa peranan merupakan sebuah aspek dinamis kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, dia menjalanjan suatu peran.. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu tipe penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data lalu penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok tani memiliki peranan dalam hal peningkatatan partisipasi politik masyarakat desa. Peranan kelompok tani ini dapat dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan para kelompok tani pada setiap daerah serta terealisasinya terhadap masyarakat di Desa Tawang Rejo Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:06
Last Modified: 19 Nov 2021 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item View Item