PENERAPAN TEORI BELAJAR SIBERNETIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 54 PALEMBANG

Azizah, Nur (2021) PENERAPAN TEORI BELAJAR SIBERNETIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 54 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
a). BAB 1 (Nur Azizah, 1652100207).pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e). BAB V (Nur Azizah 1652100207).pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Merebaknya kasus pandemi covid 19 saat ini membuat siswa untuk mengalihkan proses kegiatan belajar mengajar untuk sementara waktu dialihkan kerumah masing-masing. Untuk mencegah penyebaran covid 19 di lingkungan pendidikan, maka diadakan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring). Rendahnya kemampuan peserta didik pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta kurangnya interaksi siswa dan guru pada masa pandemi covid 19 dapat memperlambat terbentuknya nilai dalam belajar mengajar. Teori belajar sibernetik merupakan kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai dalam perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 54 Palembang. 2). Bagaimana kendala dari penerapan teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 54 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan teori belajar sibernetik sibernetik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 54 Palembang. 2). Untuk mengetahui kendala dari penerapan teori belajar sibernetik sibernetik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 54 Palembang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan teori belajar sibernetik dalam proses belajar mengajar ialah menentukan tujuan intruksional, mentukan materi pelajaran, mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi tersebut, mentukan pendekatan belajar yang sesuai dengan sistem informasi, menyusun materi dalam urutan yang sesuai dengan sistem informasinya, menyajikan materi dan membimbing peserta didik belajar dengan pola yang sesuai dengan urutan pelajaran.(2) Kendala dalam penerapan teori belajar sibernetik pada masa pandemi covid 19 yaitu ketidak lancaran akses jaringan internet, kuota, sulit memahami materi pelajaran, teknologi yang kurang memadai, Kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi digital. Kata Kunci: Penerapan, Teori Belajar Sibernetik, PAI, Pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Teori Belajar Sibernetik PAI Pandemi Covid 19
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:09
Last Modified: 14 Dec 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item View Item