PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS BELAJAR HOMOGEN DAN HETEROGEN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH PALEMBANG

Isa, Muhammad Nur (2021) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS BELAJAR HOMOGEN DAN HETEROGEN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-converted.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah adalah salah satu madrasah yang menerapakan kelas homogen dan kelas heterogen di kota Palembang. Penerapan tersebut bertujuan untuk mengurangi terjadinya percampuran antara laki-laki dan perempuan. Pada awal 2017 kerena minimnya kelas masih ada 2 kelas yang heterogen, dan pada saat ini kelas heterogennya meningkat jadi 3 kelas karena banyaknya peminat di sekolah ini. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana motivasi belajar kelas homogen di MTs Al-Hikmah Palembang (2) bagaimana motivasi belajar kelas heterogen di MTs Al-Hikmah Palembang (3) adakah perbedaan motivasi belajar kelas homogeny dan kelas heterogen di MTs Al-Hikmah Palembang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan dengan metode kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistic T-test. Melalui hasil penelitian dapat diproleh, terdapat perbedaan terhadap motivasi belajar kelas 11lternat dan kelas heterogen. Dimana dari hasil ini diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar ,296. Pada kelas 11lternat dengan jumlah sampel 20 peserta didik nilai rata-rata nya 86,35, sedangkan standar deviationnya 9,98038 dan analisis presentase motivasi belajar kelas homogeny mendapati 79% yang dikategorikan “cukup baik”. Pada kelas heterogen dengan jumlah sampel 20 peserta didik nilai rataratanya 89,55, sedangkan standar deviationnya 9,10451 dan analisis presentase motivasi belajar kelas heterogen mendapati 81% diketegorikan “sangat baik”. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan kelas 11lternat dan kelas heterogen terhadap motivasi belajar. Kata Kunci : Kelas Homogen, Kelas Heterogen, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kelas Homogen Kelas Heterogen Motivasi Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:09
Last Modified: 14 Dec 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item